fbpx

6 Tips Penting Dalam Memilih Tas Kulit di Pabrik Tas Jakarta

pabrik tas

Agar mendapatkan tas dengan kualitas yang baik sebelum melakukan transaksi baiknya Anda memahami beberapa hal mengenai bahan tas. Banyak konveksi tas atau pabrik tas Jakarta yang menyediakan berbagai jenis bahan dengan penawaran harga yang berbeda-beda. Tentunya hal ini bisa menjadi pilihan bagi masyarakat, namun tidak sedikit masyarakat menyukai tas dengan berbahan dasar kulit.

Memiliki fungsi sebagai penunjang kebutuhan untuk aktivitas sehari-hari baik wanita maupun pria tas menjadi salah satu hal penting bagi masyarakat. Tidak sedikit masyarakat memperhatikan kebutuhan satu ini agar tidak mengganggu kegiatan sehari-hari mereka. Sehingga pemilihan bahan pada tas juga menjadi poin utama ketika masyarakat  hendak membeli.

Variasi kulit yang ada mulai dari menggunakan kulit asli maupun kulit sintetis menjadikan masyarakat menyukai jenis bahan satu ini. Hanya saja agar tidak menjadi korban tas tiruan perlu memahami cara memilih serta kriteria apa saja yang perlu ketelitian saat membeli tas kulit. Pengetahuan dasar mengenai bahan serta aksesoris penunjang sangatlah penting sama halnya ketika melakukan perawatan tas tersebut.

6 Tips Tas Kulit di Pabrik Tas Jakarta

Banyak penjual yang berlaku curang hingga menimbulkan dampak kerugian bagi para produsen serta pecinta tas kulit. Selain produk yang dijual merupakan barang imitasi umumnya kualitas barangnya pun sangat buruk sehingga pemakaiannya tidak tahan lama. Berikut penjelasan mengenai beberapa hal yang perlu Anda simak sebelum membeli tas kulit :

1. Menyesuaikan Spesifikasi Tas Dengan Kebutuhan

Menyesuaikan spesifikasi tas dengan kebutuhan menjadi hal pokok yang harus dipikirkan sebelum membeli. Apakah anda ingin membeli tas ransel? Tas jinjing? Tas kantor? Atau tas untuk menaruh laptop atau peralatan elektronik lainnya? Setelah memahami fungsi tas yang sedang dibutuhkan Anda bisa mempertimbangkan faktor lain berupa spesifikasi pada bahan yang digunakan.

Bagian ini menjadi sangat penting karena selain menunjang kebutuhan dan fungsi maka akan memberikan kenyamanan selama penggunaan. Selain itu meminimalisir juga mengeluarkan budget berlebih pada hal-hal yang tidak terlalu penting.

2. Perhatikan  Jenis Bahan

Sebelum membeli tas kulit ada baiknya menyesuaikan dengan kriteria keingininan serta kemampuan finansial anda terlebih dahulu. Ada banyak jenis yang tersedia serta istilah dalam penyebutan produk kulit seringkali membuat pembeli masyarakat menjadi bingung. Meskipun begitu ada beberapa jenis yang memiliki harga tidak jauh berbeda, meski jenis bahannya sangat berbeda terutama untuk kulit sinstetis. Maka perlu ketelitian sebelum membeli.

Beberapa jenis bahan yang paling sering digunakan oleh pabrik tas dikenal dengan sebutan pull up, milling, dan nabati. Ketiga bahan tersebut merupakan bahan yang paling populer. Masing-masing jenis memiliki karakteristik serta tekstur yang berbeda. Sehingga ada baiknya anda mengerti dasar pengetahuan dari jenis tersebut agar tidak salah dalam membeli.

3. Cermati Detail Aksesoris Yang Digunakan Pabrik Tas Jakarta

Selain jenis bahan anda juga perlu mengetahui aksesoris pendukung yang pabrik gunakan pada produk tersebut. Misal jenis restleting, kancing, atau gesper yang digunakan. Baiknya memilih restleting tas yang berbahan dasar metal bukan plastik. Hal ini memberikan pengaruh terhadap kualitas dan daya tahan produk tersebut.

Begitu juga dengan bahan inner atau bagian dalamnya, meskipun sekilas terlihat biasa saja namun bahan inner juga memiliki pengaruh terhadap kualitas terutama pada kualitas desain dari model tas tersebut. Umumnya bagian dalam produsen sering menggunakan jenis kain seperti tenun maupun drill, dua bahan tersebut merupakan pilihan terbaik dari jenis kain yang ada.

4. Keaslian Bahan

Hadirnya varian kulit terutama baru-baru ini yaitu kulit sintetis memberikan banyak opsi pilihan bagi pembeli. Jika pembeli memiliki budget lebih maka dapat membeli tas kulit asli. Namun apabila budget tidak mencukupi maka varian kulit sintetis bisa menjadi pilihan terbaik. Tapi jangan sampai tidak bisa membedakan ya, ada beberapa tas yang beredar orang-orang menyebut sebagai tas kulit. Namun apabila berbicara soal tampilan agaknya sulit untuk membedakan tas kulit palsu dengan kulit sintetis.

Cara paling mudah untuk membedakan jenis kulit asli dengan sintetis yaitu perhatikan tekstur permukaan. Apabila terbuat dari bahan kulit asli umumnya memiliki bentuk yang tidak beraturan. Berbeda dengan jenis sintetis yang umumnya memiliki tekstur permukaan yang lebih teratur, rata, dan pori-pori kulit yang lebih besar dan tebal. Maka pada kulit asli terdapat beberapa sisi yang lebih kasar serta pori-pori permukaan yang lebih halus.

Begitu juga dengan warna dan aroma, meskipun aroma atau bau tidak terlalu kentara namun pada tas kulit asli memiliki ciri khas berupa aroma kulit tersendiri. Bukan jenis aroma yang tidak enak ketika tercium, selain itu pada kualitas warna karena prosesnya alami dan tidak terlalu banyak campuran bahan kimia selain untuk mengawetkan dan menghilangkan aroma kurang sedap yang ada pada kulit tersebut maka pada kulit asli cenderung memiliki daya tahan yang cukup lama.

Berbeda dengan kulit sintetis, bahan satu ini memiliki aroma bahan kimia yang artifisial sehingga terkadang bisa memberikan pengaruh kurang enak terhadap kesan tas itu sendiri. Umumnya terbuat dari bahan penyamak seperti krom dan samak nabati. Tidak hanya itu penggunaan proses kimia termasuk pada pembuatan warna produksi tas sintetis juga memberikan dampak terhadap ketahanan warna kulit yang tidak lama. Akibatnya bahan kulit sintetis mudah untuk mengelupas.

Perlu Anda amati juga, pada bagian tas jenis pull up dan full grain umumnya tidak memiliki pelapis veter pada bagian tepi potongan. Maka akan memberikan tekstur asli dari bahan kulit namun secara kasat mata.

5. Legalitas Pada Bahan

Maraknya perburuan liar yang terjadi hingga saat ini mengharuskan kita sebagai pembeli untuk cermat melakukan pengecekan ulang terhadap produk. Khususnya produk-produk yang berbahan dasar dari kulit. Umumnya tas kulit asli terbuat dari kulit sapi, domba, banteng, ular, atau buaya. Perkembang biakan hewan tersebut masih termasuk dalam kategori hewan tidak terancam punah.

Apabila kulit yang mereka gunakan ternyata bukan dari beberapa jenis yang sudah kami sebutkan maka bisa dipastikan kulit tersebut merupakan kulit hewan langka atau menggunakan kulit sintetis. Dikutip dari Kompas.com tas kulit asli yang resmi akan disertai logo CITES (The Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora) pada bagian belakangnya. Yang mana dalam perjanjian internasional sudah diatur mengenai perdagangan jenis-jenis hewa dan tumbuhan yang terancam punah.

Adanya logo tersebut tidak hanya menjamin bahan yang mereka gunakan merupakan jenis kulit asli. Melainkan proses pengambilan kulitnya juga dilakukan secara resmi dan legal. Oleh sebab itu agar tidak tertipu dengan tas kulit tiruan sebaiknya anda memilih tas kulit dengan bahan kulit yang memiliki legalitas resmi.

6. Membeli di Pabrik Tas Jakarta Terpercaya

Menyambung dari pembahasan sebelumnya, agar terhindar dari penipuan pastikan melakukan pembelian maupun pemesanan ditempat terpercaya dan resmi seperti pabrik tas Jakarta. Hindari menggunakan alamat website maupun nomor telepon yang kurang jelas agar terhindari dari penipuan. Baiknya melakukan pembelian dengan sistem transaksi secara COD (Cash on Delivery).

Atau bisa mengunjungi pabrik tas melihat secara langsung produknya, sehingga anda bisa lebih teliti sebelum membeli. Penjual yang terpercaya akan memberikan garansi keaslian produk mereka.

Hal terpenting setelah mengetahui berbagai tips dalam memilih tas adalah dengan memahami tips bagaimana cara merawatnya. Membeli tas kulit asli tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan anda terhadap suatu barang. Tas berbahan dasar kulit asli memiliki nilai jual yang stabil bahkan tidak jarang para kolektor tas akan membeli dengan harga cukup tinggi.

Maka membeli tas dengan jenis kulit asli bisa memberikan peluang lain sebagai bentuk investasi anda. Perawatan yang baik akan meningkatkan harga jual tas tersebut. Hal ini bisa kamu jadikan sebagai peluang bisnis baru sekaligus menjalankan hobi.

Selain beberapa tips yang sudah kami rangkum, agar tidak tertipu Anda dapat memilih tas kulit dengan mengecek secara langsung ke lokasi pengrajinnya. Begitu banyak pengrajin tas maupun konveksi tas kulit yang bisa anda datangi secara langsung seperti CV Karya Bintang Abadi yang merupakan pabrik tas Jakarta menyediakan beragam model dengan harga terjangkau.

Tinggalkan komentar

Apabila ada yang ingin di tanyakan silahkan hubungi kontak di bawah ini :

Konsultasi Melalui Whatsapp