tas seminar

Artikel kali ini kami akan membahas mengenai bahan-bahan tas. Tas menjadi salah satu komponen penting saat berpergian, benda yang mulanya memiliki fungsi utama sebagai tempat menaruh barang-barang perlahan memiliki fungsi lain sebagai penunjang fashion dan gaya hidup.

Seringkali saat membeli tas hal yang menjadi tujuan utama berupa model atau bahkan warnanya, aneka ragam bentuk serta warna tas yang menarik menjadi alasan utama seseorang ingin membeli. Hanya saja ada faktor penunjang lain yang harus diperhatikan sebelum kamu membeli tas, yaitu pemilihan pada bahan tas. Pemilihan pada bahan-bahan tas menjadi salah satu hal yang krusial karena akan menentukan kualitas tas itu sendiri.

Sangat disayangkan apabila warna, model, harga, serta perawatannya sudah baik namun kualitas bahannya kurang mendukung maka bisa jadi umur pemakaian tas anda hanya berjangka pendek. Selain itu pemilihan terhadap bahan tas juga akan memberikan pengaruh terhadap fungsi dari tas tersebut, karena setiap bahan memiliki keunggulannya masing-masing dan tidak semua bahan dapat cocok dengan satu model tas begitupun dengan tiap-tiap model tas yang memiliki fungsi masing-masing.

Berikut ini beberapa penjelasan macam-macam bahan tas yang bisa anda ketahui untuk memudahkan anda dalam memilih tas

Bahan-bahan Tas Jenis Kain

Bahan yang paling banyak dipakai oleh pabrik tas dan dijual di pasaran. Harga bahan yang lebih murah serta proses pembuatan yang cukup mudah menjadi alasan utama bahan ini populer dikalangan produsen tas dan penjual. Terdapat bebeberapa macam jenis tas yang dibuat berbahan dasar kain seperti Kain Dinir, Kain Cordura, Kain Corduroy, Kain Kanvas, Kain Blacu, Kain Denim, Kain Parasut, Kain Spundbond dan Kain Polyester.

Namun diantara sekian banyak jenis yang ada  paling populer adalah jenis Kain Katub karena mudah untuk dilipat saat tidak digunakan. Tas dengan berbahan dasar kain biasa digunakan untuk keperluan sehari-hari atau untuk acara-acara khusus seperti souvenir ulang tahun ataupun  acara seminar. Meskipun tas dengan berbahan kain tidak dirancang untuk keperluan mode namun ada beberapa tas yang didesain sedekemian rupa agar tetap terlihat indah namun dengan menggunakan bahan yang lebih murah.

Kemudahan dalam membersihkan dan merawatnya menjadikan tas ini , kebanyakan dari jenis ini dibersihkan dengan cara seperti mencuci pakaian. bahan-bahan tas

Bahan Tas Kulit

Biasa digunakan untuk pembuatan tas-tas dengan kualitas bahan yang premium. Terdapat dua jenis bahan kulit yang biasa digunakan bahan kulit asli dan kulit sintesis. Karakteristik utama  dari bahan ini berupa fleksibel  bahan yang mudah untuk dipotong, dibentuk, dan desain dengan beragam cara. Tampilannya yang sudah eksklusif tanpa harus diberi banyak hiasan tambahan membuat para pecinta mode menyukai jenis bahan satu ini, terlebih apabila menggunakan bahan kulit asli.

Hal ini pula yang menyebabkan harganya cenderung lebih mahal apabila dibandingkan dengan jenis bahan-bahan tas lainnya. Bahkan tidak jarang bahan yang digunakan berasal dari kulit hewan eksotis asli seperti kulit buaya, ular, atau harimau. Selain dari segi kualitas kulitnya proses pembuatan tas dengan menggunakan bahan ini juga terbilang sulit dan memakan waktu yang lama. Umumnya banyak diproduksi menjadi hand bag, clutch bag, tas kantor hingga tas ransel.

Untuk teknik perawatan cukup rumit terlebih tas dengan bahan kulit asli. Umumnya tas berbahan ini tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung. Lalu apabila ada noda menghilangkannya dengan menggunakan kapas atau kain microfiber yang diberi minyak kayu putih, campuran air baking soda, atau menggunakan cairan khusus pembersih tas kulit.

Tidak seperti bahan tas lainnya untuk menjaga agar tetap awet dan tahan lama, tas berbahan kulit baiknya sering digunakan. Semakin lama disimpan ditempat yang lembab dan tidak digunakan justru akan mempercepat kulitnya untuk mengelupas.bahan tas

Bahan Tas Karet

Bahan ini ternyata juga bisa diproduksi sebagai tas, umumnya untuk tas mahal khususnya tas-tas untuk Wanita. Dibandingkan bahan-bahan tas lainnya bahan ini lebih mudah untuk ditemukan. Berbeda dengan bahan lain proses pembuatan tas dengan menggunakan bahan karet ternyata tidaklah mudah. Hanya karet dengan kualitas tinggi yang dapat digunakan sebagai bahan tas, maka dari itu tidak jarang harganya terbilang mahal.

Bahan-bahan Tas Jenis Parasut

Terkenal dengan sifatnya yang tahan air sehingga menjadikan tas ini  awet dan tahan lama. Tas dengan berbahan parasut sudah populer sejak dulu. Namun apabila bahan yang digunakan bahan parasut dengan kualitas rendah biasanya akan terlihat kusut dan tipis. Sebaliknya apabila menggunakan bahan parasut berkualitas tinggi maka akan memiliki kepadatan serat yang bagus sehingga bahan tebal dan tidak mudah kusut.

Sama seperti bahan tas lainnya, parasut memiliki beberapa jenis seperti : Parasut Silver, Parasut Super, Parasut Balon, Parasut Kusut, Parasut Tipis, dan Parasut Metalik. Produsen banyak menggunakan pada tas-tas yang ditujukan untuk berpergian jauh (tas travelling) atau pada tas kamera, namun tidak menutup kemungkinan ada juga yang menggunakan bahan ini sebagai tas untuk souvenir ataupun tas mukena.

Bahan Tas Nylon

Bahan ini merupakan bentuk lain dari sintetis plastik yang juga kedap air. Umumnya bahan ini memiliki tingkat ketahanan yang lebih baik dibandingkan dengan bahan water proof lainnya. Cepat kering apabila dicuci, ringan dan elastis, serta tahan lama.

Bahan pembuatannya pun hampir mirip dengan tas yang terbuat dari bahan polyester, maka tak jarang kebanyakan orang sulit untuk membedakan antara dua material tersebut. Namun perlu diketahui juga menggunakan tas berbahan ini perlu berhati-hati, karena salah satu material yang  dalam pembuatan bahan Nylon berupa minyak bumi maka bahan ini akan mudah terbakar dan tidak tahan panas. bahan-bahan tas

Bahan-bahan Tas Jenis Jelly

Memiliki desain yang unik dan menarik tas berbahan Jelly sempat populer kalangan kaum wanita. Namun yang akan dibahas berupa bahan Jelly yang sudah dicampur dengan material plastik. Setelah melewati beberapa tahap proses kimia tertentu maka akan menghasilkan bahan Jelly yang lembut dan transparan, bahkan ada yang tidak transparan sama sekali.

Beberapa orang menyukai tas yang berbahan seperti ini, disebabkan warna yang ditimbulkan unik dan dari segi perawatannya pun mudah. Teknik perawatannya hanya dengan membersihkan menggunakan lap basah. Apabila terdapat noda yang agak bandel maka oleskan minyak kayu putih atau campuran air baking soda untuk membantu menghilangkan noda.

Bahan Tas Taiga

Untuk bahan satu ini prinsipnya termasuk ke dalam jenis varian kulit sintetis. Kemunculan bahan tas ini berasal dari produk tas luar negeri ternama terutama ditahun 2015-an. Memiliki ciri khas permukaan yang bergaris-garis silang, sedikit mengkilat, dan lebih lembut dibandingkan varian kulit sintetis lainnya. Secara keseluruhan sifat tas ini elastis namun penampilannya tetap kokoh, maka tidak heran apabila banyak dijumpai pada produk-produk tas impor.

Salah satu alasan mengapa banyak dijumpai tas berbahan dasar taiga selain harganya yang terjangkau oleh kalangan atas maupun bawah, tas ini juga memiliki teknik perawatannya yang terbilang cukup mudah. Karakteristik bahannya yang bersifat waterproof membuat bahan ini cukup mudah untuk dibersihkan. Cara merawatnya cukup campurkan baking soda dengan air kemudian gosok perlahan dengan menggunakan lap atau tissue pada bagian tas yang bernoda.bahan tas

Bahan-bahan Tas Jenis Denim

Umumnya masyarakat mengenal sebagai bahan untuk pembuatan celana, jaket, atau kemeja. Namun saat ini bahan denim juga dipergunakan untuk pembuatan tas, terutama tas dengan model ransel dan sling bag.  Selain kuat, masyarakat menyukai bahan tas satu ini karena modelnya yang kasual. Sehingga cocok digunakan untuk pergi ke acara non formal namun tetap ingin terlihat trendy dan elegan. Perawatannya pun terbilang mudah maka dari itu banyak kaum muda yang menyukai bahan tas satu ini.

Bahan Tas Togo

Berbeda dengan bahan-bahan tas sebelumnya, bahan ini memiliki karakteristik permukaan yang menyerupai kulit jeruk. Bahan togo banyak ditemui cenderung tebal serta lebih lentur dibandingkan dengan bahan Taiga.

Sesuai dengan tujuan pembuatannya tiap-tiap tas memiliki fungsi serta kelebihan dan kekurangan masing-masing . Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca, semoga bermanfaat ya! Apabila anda tertarik ingin membuat tas dengan jumlah banyak dengan kualitas yang baik silahkan kunjungi http://konveksitasindonesia.com untuk informasi lebih lanjut.

Share this post on:

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konveksi Tas Indonesia

  1. Menjadi brand pabrik tas seminar terbesar & terpercaya di indonesia.
  2. Menjadi solusi bagi konsumen & terpercaya.
  3. Memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen.
  4. Memberikan solusi pemesanan tas secara online maupun offline.

LAYANAN KAMI

  • Buka : Senin – Sabtu ( Minggu Libur )
  • Pukul : 09.00 – 17.00
  • Whatsapp : 081227806888

Blog Categories…

Recent Comments…

    Latest Tweets…

    Blog Categories…

    Recent Comments…

      Latest Tweets…

      Blog Categories…

      Recent Comments…

        Latest Tweets…

        Apabila ada yang ingin di tanyakan silahkan hubungi kontak di bawah ini :

        Chat with us on WhatsApp