produksi tas

Pabrik tas kini semakin mudah untuk ditemukan, sehingga bagi anda yang ingin memesan sebuah tas tidak akan kesulitan menemukannya. Seperti yang sudah kita ketahui sebuah pabrik tas selain melakukan produksi tas dengan desain mereka sendiri dan dipasarkan ke konsumen. Mereka juga kebanyakan menerima pesanan tas sebagai souvenir suatu acara seperti seminar, workshop, pelatihan, dan event lainnya.

Pemesanan tas untuk sebuah acara bisanya dilakukan dalam jumlah yang banyak. Namun pernahkah anda berfikir bagaimana tahapan pembuatan sebuah tas sehingga bisa menjadi tas yang bisa dipakai. Kadang anda ketika memesan tas tidak peduli bagaimana produsen tas melakukan proses pembuatan sebuah tas.

Mengetahui tahapan pembuatan tas penting untuk dilakukan selain menambah wawasan yang mungkin bisa anda gunakan ketika suatu saat tertarik membangun bisnis tas, juga bermanfaat untuk mengetahui tas yang anda pesan bener-benar berkualitas sesuai dengan tahapan produksi tas yang baik dan benar.

Setiap pabrik tas memiliki tahapan sendiri-sendiri dalam pembuatan tas namun pada umumnya semua hampir sama. Selain itu cara pembuatan tas dalam sebuah pabrik dengan membuat sendiri pada umumnya juga hampir sama, mungkin cuma peralatannya saja yang berbeda.

Setiap produsen tas proses atau tahapan berbeda-beda sesuai standart yang mereka terapkan. Namun secara garis besar proses produksi tas memiliki tahapan yang hampir sama. Dalam artikel ini akan dijelaskan tahapan-tahapan dalam membuat tas.

Tahapan dan Proses Produksi Tas

produksi tas

Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan dalam produksi tas, baik oleh sebuah pabrik tas maupun dibuat sendiri. Tahapan-tahapan tersebut harus dilakukan dengan baik dan benar agar tas yang dihasilkan juga baik.

Untuk cara pembuatan tas anda harus memperhatikan beberapa hal karena tas memiliki jenis dan model yang banyak namun memiliki proses pembuatan yang berbeda-beda. Berikut akan dijelaskan tahapan secara umum bagaimana produksi tas dan mungkin anda bisa menirunya di rumah.

1.  Membuat Pola

Pada tahap awal produkasi tas tentu yang pertama kali disiapkan adalah alat dan bahan. Tentukan bahan yang ingin anda gunakan dalam membuat tas, apakah bahan dari kain atau dari kulit. Juga tentukan kualitas bahan apakah kualitas baik atau tidak, tentu ini bisa disesuaikan dengan anggaran anda.

Selanjutnya anda bisa menentukan pola pas tas yang akan dibuat. Jika tas yang akan dibuat memiliki gambar atau tulisan maka biasanya gambar atau tulisan tersebut dibuat terlebih dahulu polanya. Tentu hal ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama daripada tas polos. Memang untuk menghasilkan tas yang bagus membutuhkan proses yang panjang.

2.  Proses Pemotongan

Tahapan proses produksi tas yang kedua adalah pemotongan. Pemotongan ini dilakukan supaya nantinya bahan yang digunakan mudah untuk dijahit. Proses pemotongan bisa dilakukan dengan gunting, namun untuk sekala pabrik tas biasanya menggunakan alat cutting yang lebih canggih. Pemotongan harus dilakukan dengan hati-hati karena akan berpengaruh kepada bentuk tas yang dihasilkan nantinya.

3. Proses Menjahit

produksi tas

Setelah melewati tahap pemotongan bahan selanjutnya adalah melakukan penyatuan antara pola-pola dengan cara menjahitnya. Proses menjahit akan semakin sulit jika bentuk dan pola tas semakin rumit juga. Untuk menghasilkan tas yang rapi dibutuhkan ketelitian dan tentunya kesabaran lebih.

Namun produksi tas yang dilakukan di pabrik-pabrik menggunakan mesin-mesin  jahit yang canggih sehingga pembuatan dapat dilakukan dengan cepat.

4.  Tahap Finishing

Setelah proses menjahit selesai dilakukan sudah bisa dikatakan bahwa produk tas sudah setengah jadi. Selesai proses penjahitan tentu tas belum bisa digunakan, perlu proses penyempurnaan lagi atau disebut tahap finishing.

Pada umumnya tahap finishing ini diberlakukan di pabrik tas, namun jika tas nya dibuat sendiri tahap ini juga penting dilakukan agar bisa menghasilkan tas yang lebih sempurna. Pada tahap ini bisanya dilakukan pemasangan beberapa aksesoris yang akan mempercantik tampilan tas atau pemasangan resleting.

5. Quality Control pada Produksi Tas

Tahap quality control penting dilakukan pada proses produksi tas. Ini bisanya wajib dilakukan di sebuah pabrik tas. Quality control yaitu proses pengecekan ulang untuk produk tas yang jadi. Penting dilakukan karena cara ini bergina untuk memastikan kualitas tas sudah siap dikirimkan ke pelanggan dengan tidak ada cacat sedikitpun.

Juga untuk mengetahui apakah tas sudah aman dan siap digunakan. Dengan melakukan quality control yang baik maka tidak akan mengecewakan pelanggan tas.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pembuatan Tas

Dalam produksi tas juga harus memperhatikan beberapa hal, guna bisa menghasilkan produk tas yang bagus. Sebab dalam proses pembuatan tas tidak boleh dilakukan dengan sembarangan agar tas yang dihasilakan memiliki kualitas yang baik dan terjamin. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan produksi tas.

produksi tas

1. Mengatahui Bahan Tas yang Akan Digunakan

Bahan merupakan materi utama yang perlu diketahui dalam produksi tas. Maka dari itu sebagai produsen tas atau yang akan membuat tas harus paham dengan berbagai bahan bisa digunakan untuk membuat tas yang bagus. Selain itu bahan yang digunakan harus sesuai dengan jenis tas yang akan dibuat.

Beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat tas antara lain bahan kulit, bahan kanvas, dan dolby. Selain ketiga bahan tersebut sebenarnya masih banyak bahan yang bisa digunakan dalam produksi tas. Yang paling penting adalah bahan yang digunakan harus sesuai dengan jenis tas yang akan dibuat.

2. Mengetahui Jenis Tas yang Akan Diproduksi

Selanjutnya setelah mengetahui bahan yang bisa digunakan, yang juga perlu diperhatikan adalah jenis tas yang ingin dibuat. Karena akan berpengaruh pada bahan dan peralatan yang akan digunakan. Penting juga sebagai produsen tas mengetahui mana saja jenis tas yang paling banyak diminati oleh pasar.

Beberapa tas yang sering dipesan pelanggan antara lain tas promosi, tas insatansi, tas ransel, tas selempang, totebag, dan lainnya. Jenis tas juga berhubungan dengan fungsi dan kegunaannya tas itu sendiri. Karena setiap jenis tas yang ada mempunyai fungsi kegunaan sendiri-sendiri.

3. Menentukan Tempat Produksi Tas Terpercaya

Jika anda akan membuat tas dalam jumlah besar, hal satu ini wajib anda perhatikan yakni memilih tempat produkasi tas yang terpercaya. Terpercaya disini berarti mereka telah berpengalaman dalam pembuatan tas sehingga produk tas yang dihasilkan juga berkualitas.

Tentu anda tidak mau kan jika tas yang anda dapatkan tidak sesuai dengan yang diinginkan. Semua alasan itulah mengapa pentingnya memilih produsen tas yang dapat dipercaya.

Ya, itulah tahapan bagaimanan cara membuat tas yang baik. Penting untuk fokus pada setiap tahapan karena akan berpengaruh kepada hasil yang didapatkan. Pada umumnya tahapan yang disebutkan di atas tidak hanya khusus terdapat pada pabrik tas, namun anda bisa juga menerapkan tahapan tersebut jika membuat tas sendiri.

Selain itu juga dijelaskan beberapa hal penting yang harus diperhatikan dam membuat tas agar menghasilkan produk tas yang sesuai keinginan.

Tags:
, , , , , , , , , , , , , ,
Share this post on:

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konveksi Tas Indonesia

  1. Menjadi brand pabrik tas seminar terbesar & terpercaya di indonesia.
  2. Menjadi solusi bagi konsumen & terpercaya.
  3. Memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen.
  4. Memberikan solusi pemesanan tas secara online maupun offline.

LAYANAN KAMI

  • Buka : Senin – Sabtu ( Minggu Libur )
  • Pukul : 09.00 – 17.00
  • Whatsapp : 081227806888

Blog Categories…

Recent Comments…

    Latest Tweets…

    Blog Categories…

    Recent Comments…

      Latest Tweets…

      Blog Categories…

      Recent Comments…

        Latest Tweets…

        Apabila ada yang ingin di tanyakan silahkan hubungi kontak di bawah ini :

        Chat with us on WhatsApp