Bahan-bahan tas

Hai, dan selamat datang kembali di blog ini. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang bahan-bahan tas yang ada. Bahan-bahan tas sendiri tidak terlalu banyak di perhatikan oleh orang awam. Karena di anggap tidak penting. Padahal bahan inilah yang akan menentukan kualitas dari tas maupun harga dari tas itu sendiri.

Selain berpengaruh pada harga dan kualitas tas. Bahan juga akan berpengaruh pada fungsi dari tas itu sendiri. Karena setiap bahan yang ada mempunyai kelebihannya masing masing. Sehingga tidak semua bahan dapat cocok dengan satu model tas. Karena setiap model tas juga memiliki fungsinya masing masing.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini. Kami akan membahas tentang beberapa bahan tas. Mungkin dengan ini kamu bisa menemukan bahan tas yang cocok dengan tas yang ingin kamu buat di sebuah konveksi tas, maupun pabrik tas. Tidak usah berlama lama lagi, kita langsung saja ke pembahasannya…

Bahan-Bahan Tas

1.Kulit

Bahan-bahan tas

Yang pertama ada bahan kulit. Kulit merupakan bahan yang berasal dari kulit hewan yang telah di proses dengan penyamakan. Bahan ini menjadi salah satu bahan yang populer untuk membuat tas. Tidak hanya itu, bahan kulit juga populer untuk membuat dompet, jaket, dan fashion lainnya.

Karena bahan kulit mempunyai beberapa kelebihan, seperti daya tahannya lebih kuat di banding bahan lain, memiliki daya tahan api yang bagus, elatisitasnya lebih baik, dan memberi tampilan yang eksklusif pada tas. Di samping itu, sayangnya tas dari bahan ini akan lebih berat, membutuhkan perawatan yang ekstra, serta memiliki harga yang terbilang tinggi.

2.Dinir | bahan-bahan tas

Yang kedua ada bahan dinir. Dinir sendiri adalah bahan yang terbuat dari campuran polyester dan nylon. Dan di bagi menjadi lima jenis berdasarkan tingkat ketebalannya. Bahan dinir juga sudah banyak di pakai untuk membuat tas. Kelebihan dari bahan dinir sendiri adalah teksturnya yang lembut, fleksibel, dan kuat. Serta tahan air, perawatannya yang mudah, dan juga harganya tergolong rendah.

3.Cordura

Yang ketiga ada bahan cordura. Cordura sendiri adalah kain tekstil premium yang terbuat dari campuran nylon, polyester, cotton, dan serat alami lainnya. Bahan ini di bagi menjadi tiga jenis dan di bedakan berdasarkan serat dan motifnya. Kelebihan dari bahan ini adalah daya tahan yang cukup tinggi terhadap rembasan air, seratnya kuat dan tahan lama, dan memiliki daya tahan tinggi terhadap goresan maupun sobekan.

4.Corduroy

Dan yang keempat ada bahan corduroy. Meskipun namanya hampir sama dengan cordura, keduanya adalah bahan yang berbeda. Corduroy sendiri adalah kain tekstil yang terbuat dari beberapa serat atau tali yang di sejajarkan, kemudian di jahit secara bersamaan. Biasanya kain ini digunakan untuk tas model ransel dan model jinjing berjenis totebag.

Kelebihan dari bahan ini adalah teksturnya lembut, tahan lama (awet), hangat saat dikenakan, mudah di rawat, dan dapat di regangkan baik sejara vertikal maupun horizontal.

5.Polyeaster  | bahan-bahan tas

Selanjutnya ada bahan polyester. Polyester adalah bahan yang terbuat dari benang atau serat polyester dan melalui proses kimia. Bahan ini banyak di pakai untuk membuat tas, mulai dari model ransel, tas hikking, sampai dengan model drawstring bag.

Karena bahan ini memiliki beberapa kelebihan seperti tahan lama (awet), tahan air, cepat kering ketika di cuci, dan tidak mudah berkerut. Harganya sendiri juga terjangkau.

6.Kanvas

Yang keenam ada bahan kanvas. Kanvas adalah jenis kain yang seratnya tebal dan terbuat dari campuran katun dan polyester. Kanvas di bagi menjadi empat jenis dan memiliki kelebihan yang berbeda beda. Secara umum kelebihan dari bahan ini adalah seratnya yang tebal dan kuat,  anti air, tidak mudah robek, ramah lingkungan, serta bahan ini mudah di bersihkan jika kotor.

7.Blacu

Yang ketujuh ada bahan blacu. Blacu sendiri merupakan turunan dari kain mori. Kain mori adalah kain yang terbuat dari kapas yang di tenun. Kain mori tanpa proses pemutihan dinamakan dengan kain blacu. Kelebihan dari kain blacu adalah ramah lingkungan, nyaman saat di gunakan, aman untuk semua kalangan (anak-anak sampai dewasa), fleksibel, serta harganya murah. Sayangnya kain ini hanya tersedia dalam satu warna.

8.Denim | bahan-bahan tas

Bahan-bahan tas

Yang kedelapan ada bahan denim. Denim ini terbuat dari kapas atau katun tanpa menggunakan proses maupun bahan kimia. Dulu bahan ini lebih populer sebagai bahan jaket dan celana jins. Namun seiring perkembangan desain tas, bahan denim juga mulai di gunakan untuk membuat tas.

Kelebihan bahan denim adalah cukup kuat, mudah dibentuk, desainnya yang cocok dengan pakaian kasual, tidak mudah sobek, dan nyaman saat digunakan. Sayangnya banyak terjadi pemalsuan pada kain ini, jadi hati hati saat membelinya.

9.Parasut

Yang kesembilan ada bahan parasut. Bahan parasut biasanya dikenal dengan nama tafetta. Bahan parasut sendiri adalah salah satu jenis kain yang terbuat dari polyester. Kelebihan utama dari bahan ini adalah mampu menangkal air dan kelebihan lainnya adalah beratnya ringan dan tipis.

10.Spundbond

Dan yang kesepuluh ada bahan spundbond. Spundbond adalah kain sintetis dan proses pembuatannya dilakukan secara mekanis. Kain spundbond di bagi menjadi tiga jenis berdasarkan ketebalannya. Kelebihan dari bahan ini sendiri adalah tahan lama (awet), dapat dicucui, nyaman saat digunakan, ramah lingkungan, mudah di simpan, banyak varian warnanya, serta harganya yang murah.

11.Calfskin | bahan-bahan tas

Yang kesebelas ada bahan calfskin. Calfskin adalah bahan yang berasal dari kulit sapi muda. Meskipun sama dari kulit hewan, calfskin lebih tipis jika di banding dengan bahan kulit lain. Kelebihan dari bahan ini sendiri adalah beratnya ringan, teksturnya lembut dan halus, memiliki daya tahan terhadap api, serta bahan ini tidak kaku.

12.Lambskin

Yang keduabelas ada bahan lambskin. Lambskin sendiri adalah kain yang terbuat dari kulit domba. Karena kelebihannya bahan ini juga sering di pakai untuk membuat jaket, mantel, maupun sarung tangan. Kelebihan dari kain ini sendiri adalah permukaanya yang halus, lembut, serta tidak memiliki tekstur (tidak memiliki motif). Sayangnya tas dari bahan ini membutuhkan perawatan yang ekstra.

13.Goatskin

Yang selanjutnya ada goatskin. Goatskin adalah bahan yang terbuat dari kulit kambing. Hampir sama dengan kelebihan kedua bahan di atas, bahan ini juga menawarkan tekstur yang lembut dan halus. Jika di bandingkan dengan bahan kulit, tentu bahan ini lebih ringan. Bahan ini juga tidak kalah kuat dan awet.

14.Suede | bahan-bahan tas

Lalu yang keempatbelas ada bahan suede. Suede sendiri adalah bahan yang juga terbuat dari kulit hewan. Hanya saja, bagian yang di ambil adalah lapisan kulit yang dekat dengan daging. Bahan ini juga di gunakan untuk membuat jaket, kemeja, sepatu, dan dompet. Kelebihan dari bahan ini sendiri adalah tahan lama (awet), teksturnya lebih halus dan lembut, dan memiliki daya tahan terhadap sinar matahari. Sayangnya bahan ini tidak terlalu kuat dan membutuhkan perawatan yang ekstra.

15.Kulit Sintetis

Bahan-bahan tas

Yang kelimabelas ada bahan kulit sintetis. Kulit sintetis adalah kain tiruan dari kulit asli. Kuli sintetis terbuat dari kulit yang imitasi dan tidak menggunakan kulit hewan. Bahan ini di bagi menjadi tiga jenis berdasarkan kualitasnya. Kelebihan dari bahan kulit sintetis adalah harganya lebih murah serta tersedia dengan beragam varian warna dan corak. Sayangnya bahan ini tidak seawet kulit asli.

16.Nilon

Yang keenambelas ada bahan nilon. Nilon sendiri adalah bahan yang berasal dari produk minyak bumi. Bahan ini juga sering di gunakan untuk jam tangan. Kelebihan dari kain nilon sendiri adalah teksturnya halus, ringan, mengkilap, serta lebih tahan terhadap cuaca (baik panas maupun dingin).

17.Drill | bahan-bahan tas

Dan yang terakhir ada bahan drill. Bahan drill sendiri merupakan kain yang terbuat dari katun dan polyester dengan cara di pintal. Ciri khas dari bahan ini adalah teksturnya yang bermotif diagonal (miring). Dan kelebihan dari bahan drill sendiri adalah bahannya yang awet, tidak mudah kusut, warnanya juga tidak mudah pudar, memiliki daya serap kringat yang baik, serta terasa adem saat di gunakan.

Dan itulah dia pembahasan mengenai berbagai bahan tas yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat membantu kamu. Terimakasih telah membaca dan sampai jumpa di postingan yang selanjutnya. See you….

Tags:
, , , , , , ,
Share this post on:

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konveksi Tas Indonesia

  1. Menjadi brand pabrik tas seminar terbesar & terpercaya di indonesia.
  2. Menjadi solusi bagi konsumen & terpercaya.
  3. Memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen.
  4. Memberikan solusi pemesanan tas secara online maupun offline.

LAYANAN KAMI

  • Buka : Senin – Sabtu ( Minggu Libur )
  • Pukul : 09.00 – 17.00
  • Whatsapp : 081227806888

Blog Categories…

Recent Comments…

    Latest Tweets…

    Blog Categories…

    Recent Comments…

      Latest Tweets…

      Blog Categories…

      Recent Comments…

        Latest Tweets…

        Apabila ada yang ingin di tanyakan silahkan hubungi kontak di bawah ini :

        Chat with us on WhatsApp